Apa itu Beton Fast Track? Apa kegunaannya

beton fast track tol

Beton fast rack adalah beton yang bersifat cepat mengeras dan langsung dapat digunakan untuk lalu lintas. Beton ini memiliki spesifikasi khusus meliputi persyaratan beton untuk segmen perkerasan jalan beton. Juga bisa di buka untuk lalu lintas pada umur beton belum 7 hari.

Spesifikasi ini digunakan untuk segmen jalan dengan lalu lintas yang padat. Beton perkerasan kaku untuk pembukaan lalu lintas lebih awal yang digunakan dalam spesifikasi ini adalah beton kuat tekan tinggi. Dimana saat di buka untuk lalu lintas kuat tekan beton harus sudah mencapai 300 Kg/cm2 (25 Mpa) pada umur beton 28 hari.

Slump beton saat penyerahan harus antara 25-75 mm. Slump yang lebih tinggi dari 75 mm memungkinkan untuk diterima selama sesuai dengan perencanaan campuran beton dan diijinkan direksi pekerjaan.

Bahan yang digunakan

Adapun bahan yang di gunakan untuk campuran beton ini adalah semen portland tipe I dan III, abu terbang (Fly Ash). Juga air, agregat, bahan tambahan, tulang baja, bahan-bahan sambung dan bahan perawatan beton.

Pelaksanaan Pengecoran

Dalam pelaksanaan pengecoran beton dilakukan setelah semua semua persiapan yang diperlukan disetujui. Bila tidak menggunakan lean concrete, siapkan tanah dasar atau lapis pondasi dalam kondisi rata, bersih, dengan kepadatan. Juga kemiringan yang beragam hingga pengecoran dilakukan. Siram tanah dasar atau lapis pondasi dengan air secukupnya hingga lembab sebelum pengecoran. Penerangan yang cukup untuk pengecoran malam dan perlindungan terhadap cuaca harus dipersiapkan. Alat-alat pengujian harus tersedia dalam kondisi siap pakai.

Pekerjaan penyelesaian

Pemberian alur (groove) atau penyikatan harus dilakukan setelah air permukaan mulai hilang dan sebelum beton memulai pengikatan awal.

Perawatan

Bila perawatan dilakukan dengan curing compound, gunakan dalam 2 lapis. Lapis pertama harus dilakukan tidak lebih dari 10 menit setelah penyikatan dan lapis kedua. Tegak lurus lapis pertama harus dilakukan 30 menit setelah lapis pertama dilakukan. Penggunaan curing compound adalah 3.75 m 2/liter.
Curing compound yang rusak harus diganti dan dipelihara hingga pembukaan jalan terhadap lalu lintas.

Pembukaan untuk Lalu Lintas

Perkerasan harus ditutup terhadap segala lalu lintas sedikitnya sampai beton berumur 8 jam. Waktu dapat diperpanjang oleh Direksi Pekerjaan dengan pertimbangan kondisi cuaca dan kondisi lainnya. Perkerasan dibuka untuk lalu lintas setelah kuat tekan beton mencapai 300 kg/cm 2 (25Mpa). Kuat tekan beton didapat dari benda uji beton yang dirawat sesuai dengan kondisi perkerasan. Sebelum pembukaan untuk lalu lintas semua sambungan harus sudah ditutup dan semua perkerasan sudah dibersihkan.

Metode Konstruksi Beton Fast Track

Manfaat dari teknologi menggunakan beton Fast track ini yaitu bisa mempercepat masa pelaksanaan pekerjaan. Karena pembukaan lalulintas setelah pengecoran lebih pendek. Selain mempercepat pekerjaan teknologi fast track ini sangat mendukung kelancaran lalulintas. Karena penutupan jalan setelah pengecoran tidak terlalu lama yang menyebabkan kemacetan yang panjang.

Sebab hal tersebutlah maka teknologi Beton Fast Track sangat harus diterapkan pada jalan raya diperkotaan.

(sumber: desacilembu.com)

Tags: beton fast track